October 13, 2023

5 Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Cepat Luntur

The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia pada 2 Oktober 2009 lalu.

Dalam situsnya, Unesco menyebut teknik, simbolisme, dan budaya yang melingkupi pakaian katun dan sutra yang diwarnai dengan tangan, atau yang dikenal sebagai batik Indonesia merasuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia dari awal hingga akhir.

Sebagai bentuk warisan budaya, batik kerap memiliki harga yang tinggi. Karena harga yang mahal ini, maka sangatlah penting untuk menjaga batik tetap awet agar bisa dipakai bertahun-tahun. Itulah mengapa cukup banyak pencarian mengenai cara mencuci baju batik agar tidak luntur. 

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur 

Moms, karena teknik dan jenis pewarnaan batik yang unik, penting untuk merawat batik secara khusus agar batik tetap awet. Apalagi jika baju batik yang Moms miliki adalah jenis batik tulis. 

Jenis dan teknik pewarnaan batik tulis yang natural sering menjadi tantangan tersendiri untuk merawat warna batik. Itulah mengapa proses pencucian baju batik perlu perhatian khusus agar warnanya tidak luntur dan awet hingga bertahun-tahun. Berikut tips mencuci baju batik agar tidak luntur: 

1. Mencuci baju batik untuk pertama kali

Setelah membeli baju batik, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan ya Moms. Tapi, bagaimana cara mencuci baju batik agar tidak luntur saat pertama kali pencucian ya? Moms bisa merendam baju batik selama 30 menit dengan air dingin untuk mempertahankan warnanya. 

Moms juga bisa menambahkan cuka saat merendam baju batik. Cara ini dapat membantu warna batik tetap bagus dan tidak luntur. Setelah direndam, Moms bisa mencuci baju batik seperti biasa.

2. Pisahkan baju batik dengan pakaian lain

Pisahkan batik dengan kain dan pakaian lainnya. Tujuannya, agar batik yang dicuci tidak tercampur dengan pakaian lain dan warnanya tercemar dengan pakaian lain.

3. Rendam dengan air hangat suam-suam kuku

Untuk baju batik lama, cara mencuci baju batik agar tidak luntur tapi kotoran terangkat sempurna adalah dengan merendamnya dengan air hangat suam-suam kuku. Tapi perlu Moms ingat, jangan menggunakan air terlalu panas agar warnanya tidak luntur dan serat pakaian lebih awet ya.

4. Pilihan deterjen yang lembut

Untuk jenis batik dengan warna cerah atau bukan pewarnaan natural, rekomendasi deterjen untuk cuci baju batik agar tidak luntur adalah deterjen yang ringan. Salah satu deterjen yang bisa Moms pilih adalah SoKlin Liquid, deterjen cair konsentrat yang efektif membersihkan pakaian dengan mudah dan cepat.

Deterjen dengan 50 persen  ekstra konsentrat ini lebih hemat karena  setengah  tutup botol bisa mencuci lebih bersih dan dua kali lebih banyak. Power Clean Actionnya membersihkan hingga serat terdalam dengan 7 keunggulan deterjen cair konsentrat.

Sebagai pilihan lain, Moms juga bisa menggunakan SoKlin Softergent yang lembut dan tidak panas di tangan. Dengan begini, Moms bisa mencuci, mengucek, dan juga membersihkan pakaian dengan nyaman walau tidak menggunakan mesin cuci. 

Jangan lupa Moms, cara mencuci baju batik agar tidak luntur adalah melakukan pencucian dengan tangan memutar dan kucek dengan tenaga yang lembut, lalu bilas kain batik dengan menggunakan air dingin yang mengalir ya.

Selamat mencoba di rumah, Moms!
 

Share
Related articles