August 02, 2023

5 Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering

Beraktivitas kadang tanpa sengaja bisa membuat baju yang dipakai terkena noda, misal dari makanan, kotoran, atau bahkan noda cat. Kejadian seperti yang bikin Moms pusing karena mesti cari cara untuk membersihkan lagi baju kotor itu. Tapi Moms tak perlu panik, ada beberapa cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering. Bagaimana tips yang efektif?

Simak penjelasan berikut:

Kenali Jenis Cat yang Menempel di Baju

Untuk memudahkan Moms menghilangkan noda, terlebih dulu kenali jenis cat yang mengotori baju. Hal ini karena cara menghilangkan cat tembok di baju yang sudah kering berbeda dengan cara menghilangkan cat minyak di baju yang sudah kering.

Untuk mencuci baju yang terkena cat tembok dengan bahan dasar air, Moms sebaiknya mencuci dengan air dingin dan menambahkan deterjen pada noda, lalu sikat menggunakan sikat gigi bekas yang lembut.

Jika noda dari cat berbahan dasar minyak, Moms juga bisa menambahkan aseton atau thinner di atas noda, ditambah detergent lalu kucek atau gosok. 

Bersihkan Noda Cat Secepat Mungkin

Agar noda cat tidak terlalu sulit dibersihkan, Moms jangan terlalu lama membiarkan dan perlu segera mencuci atau membersihkannya. Jika terlalu lama membiarkan noda di baju, cat akan menempel kuat di serat kain sehingga akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Gunakan Air Dingin saat Mencuci

Moms juga perlu ingat, cara menghilangkan noda cat yang sudah kering di baju  adalah dengan membilasnya dengan air dingin yang mengalir. Moms perlu menghindari menggunakan air panas karena akan membuat cat lebih menempel pada serat kain.

Pakai Alkohol 70%

Untuk membersihkan baju dari noda cat berbahan dasar air maupun minyak, Moms bisa coba tambahkan alkohol 70%. Caranya dengan menyemprotkan atau olesi baju di bagian noda dengan alkohol secukupnya. 

Lanjutkan dengan menyikat pelan bagian baju tersebut memakai sikat gigi bekas. Diamkan beberapa saat kemudian Moms bisa mencuci baju dengan deterjen. Perhatikan juga petunjuk pencucian pada label baju agar kondisi baju tetap terjaga.

Pakai Cuka

Cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering juga bisa dengan memakai cuka yang dioleskan di area baju yang terkena cat sambil digosok pelan dengan sikat halus. Agar noda cepat hilang, Moms juga bisa tambahkan garam dan baking soda, lalu cuci dan bilas baju sesuai petunjuk di label bajunya.

Pilih Detergent yang Bisa Hilangkan Noda hingga Serat Kain

Agar saat proses membersihkan pakaian yang terkena cat lebih mudah, Moms perlu gunakan detergent khusus yang efektif untuk membersihkan kotoran membandel hingga ke serat kain, salah satu contohnya SoKlin Smart + Softener. SoKlin Smart + Softener adalah pilihan detergent yang tepat digunakan sehari-hari untuk mencuci pakaian secara manual, karena lembut dan tidak panas di tangan.
Sebagai pilihan, Moms bisa menggunakan SoKlin Smart Max Clean untuk mencuci pakaian putih, SoKlin Smart Color Care untuk pakaian berwarna, dan juga bisa menggunakan SoKlin Smart + Softener untuk mendapatkan hasil pakaian yang lembut.

Moms bisa mendapatkan varian SoKlin Smart secara online dan juga offline di supermarket dan minimarket terdekat. Moms bisa mencari SoKlin Smart di berbagai e-commerce kesayangan. Untuk harga, SoKlin Smart harga juga sangat terjangkau, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Menghilangkan noda cat di baju memang bisa menjadi tugas yang sulit, namun dengan mengetahui cara-cara yang tepat, Moms dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dan efektif. Itulah tadi beberapa cara menghilangkan cat di baju yang sudah  kering , semoga bisa membantu Moms untuk merawat baju kesayangan keluarga.

Share
Related articles