August 02, 2023

7 Cara Mencuci Baju agar Wangi Seperti Laundry

Tampil rapi dan menarik dengan baju yang wangi saat  ke kantor, pesta, atau acara apa pun bisa membantu seseorang tampil lebih percaya diri. Itulah sebabnya perawatan baju akan menentukan kondisi baju yang dipakai sehari-hari.

Tapi terkadang jika mencuci baju terus-terusan di laundry akan berpengaruh pada pengeluaran bulanan, Moms bisa menyiasatinya dengan mencuci sendiri di rumah. Berikut beberapa cara mencuci baju agar wangi seperti laundry yang bisa dipraktekkan tanpa perlu banyak mengeluarkan biaya.

Pisahkan Baju sesuai Jenis Bahan dan Warna

Agar baju yang akan dicuci bersih maksimal, Moms perlu memastikan agar baju dipisah terlebih dulu berdasarkan warna dan jenis kain. Periksa dan bersihkan isi kantong baju untuk menghindari kerusakan mesin cuci. Selain itu, jangan lupa membersihkan tabung mesin cuci sebelum digunakan.

Cek Label Perawatan

Tiap jenis baju biasanya berbeda untuk cara pencucian, pengeringan, dan cara menyetrikanya. Untuk menjaga kondisi baju tetap awet dan terawat, Moms perlu membaca petunjuk label di masing-masing baju dimana biasanya berupa simbol khusus tentang anjuran cara cuci, jemur, dan menyetrika.

Gunakan Detergent yang Tepat

Selain memperhatikan cara mencuci yang tepat, agar baju bersih, wangi, dan lembut dengan hasil terbaik seperti di laundry, Moms juga perlu cermat memilih detergent yang sesuai. Berikut cara detergent sebagai salah satu tips mencuci baju agar wangi dan anti apek seperti di laundry.

Tiap jenis bahan pakain membutuhkan jenis detergent berbeda agar hasil cucinya optimal untuk kain berwarna, sebaiknya menggunakan detergent cair agar warna tidak mudah pudar. Sedangkan untuk kain putih, detergent bubuk lebih disarankan karena dapat mengangkat noda dan kotoran dengan lebih baik. Untuk kain berbahan sutra atau wol, sebaiknya menggunakan detergent khusus yang lebih lembut agar tidak merusak serat kain.

Bagi yang menggunakan mesin cuci bukaan atas atau samping,  Moms bisa menggunakan SoKlin Biomatic Liquid. SoKlin Biomatic FRONT & TOP EXPERT merupakan detergent cair konsentrat dengan 50% more load cuci baju lebih banyak, diformulasikan aman untuk digunakan mesin cuci bukaan depan & atas. Kini seluruh varian bisa digunakan untuk kedua jenis mesin cuci. Extra Softener jadikan pakaian lembut saat digunakan. Perhatikan cara dan takaran penggunaan yang tertera pada label detergen untuk mendapatkan hasil mencuci maksimal.

Merendam Jangan Terlalu Lama

Saat Moms merasa baju terlalu kotor dan butuh direncam, pastikan jangan terlalu lama, cukup rendam selama 15 sampai 20 menit. Hal ini untuk menjaga agar bakteri tidak berkembang biak di baju saat proses perendaman yang lama dan memicu bau tak sedap di baju.

Perhatikan Kualitas dan Suhu Air 

Selanjutnya,  cara mencuci baju agar wangi seperti laundry adalah terkait dengan kualitas dan suhu air yang digunakan. Gunakan suhu air yang sesuai dengan jenis kain dan tingkat kotoran pada baju. Selain itu, gunakan air yang bersih dan jernih untuk menghindari pakaian bernoda kekuningan jika memakai air yang keruh.

Pakai Pelembut dan Pewangi Baju

Selanjutnya, tips bagaimana mencuci baju agar wangi dan tahan lama seperti di laundry adalah dengan menggunakan pelembut pakaian pada bilasan terakhir. Selain wangi, baju yang dicuci dengan pelembut pakaian juga tidak mudah kusut dan lebih gampang saat disetrika.

Agar baju wangi seperti cucian laundry, Moms bisa gunakan pelembut pakaian SoKlin Softener Korean Camellia. SoKlin Softener Korean Camellia merupakan pelembut dan pewangi pakaian yang terinspirasi dari keharuman dan kesegaran Bunga Camellia yang berasal dari Jeju, Korea. Dengan menggunakan SoKlin Softener Korean Camellia, pakaian bisa jadi wangi segar dan harum disetiap aktivitas dan pakaian nyaman dipakai keluarga setiap hari.

Jemur dengan Tepat

Setelah dibilas, diberi pelembut, dan dikeringkan, segera jemur baju dengan cara yang tepat. Pilih jemur baju di tempat yang cukup berangin dan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung. Saat baju sudah kering, langsung angkat agar debu dan kuman tidak menempel. Baju selanjutnya siap disetrika.

Itulah beberapa solusi dan langkah praktis tentang cara mencuci baju agar wangi seperti di laundry yang bisa Moms praktekkan di rumah. Dengan baju yang selalu wangi dan rapi, rasa percaya diri dan semangat pun akan selalu terpancar sehingga bisa membuat hari-hari lebih menyenangkan.  

Share
Related articles