April 04, 2023

10 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih Secara Efektif

Pakaian putih yang sudah lama dan sering dipakai memiliki permasalahan yang paling umum, yaitu menguning. Ada banyak sekali alasan baju putih menguning.

Biasanya, alasan yang paling sering terjadi adalah mencuci pakaian putih secara bersamaan dengan baju berwarna, noda keringat yang tidak bersih maksimal, kualitas air yang rendah, kurangnya membilas pakaian dengan air dan juga penggunaan deterjen yang berlebih atau deterjen yang tidak khusus untuk pakaian putih.

Tapi, Moms tidak perlu khawatir kok. Berikut ini 7 cara menghilangkan noda kuning di baju putih secara efektif agar pakaian putih bisa kembali bersinar yang bisa dicoba di rumah!

Menggunakan baking soda

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang pertama adalah dengan menggunakan pasta baking soda. Untuk mencoba cara ini, Moms hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta.

Kemudian, ambil sikat gigi bekas, kemudian ambil sedikit pasta baking soda dan aplikasikanlah ke noda pada pakaian putih tersebut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, Moms bisa membilasnya dengan air dingin atau air hangat, tapi hindari menggunakan air panas yang bisa membuat noda sulit hilang.

Setelah itu, cuci baju putih seperti biasa. Jika noda masih ada, ulangi langkah tersebut hingga noda hilang.

Campuran cuka dan air

Selain baking soda, Moms juga bisa mencoba campurkan cuka dan air dingin untuk merendam pakaian putih. Diamkan selama 30 menit, bilas dan cuci seperti biasanya. Campuran cuka dan air ini sudah dipercaya sebagai cara menghilangkan noda kuning pada baju putih.

Rendam dengan air perasan lemon

Air perasan lemon juga dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan noda kuning di baju putih, lho. Moms bisa merendam pakaian putih ke dalam campuran air perasan lemon, diamkan beberapa saat kemudian cuci seperti biasa dan jemur di bawah sinar matahari. 

Baca Juga: Selain Melebutkan Kain, Ini Keunggulan SoKlin Softergent

Gosok dengan campuran air garam

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih berikutnya ini menggunakan bahan yang cukup mudah dan pasti ada di rumah, yaitu campuran garam dengan air panas, kemudian gosokkan perlahan pada noda kuning dan rendam selama beberapa menit. 

Direndam dengan campuran aspirin dan air panas

Tahukah Moms kalau aspirin atau obat sakit kepala yang biasa kita minum bisa menjadi cara menghilangkan noda kuning di baju putih? Caranya cukup mudah, cukup campurkan beberapa tablet aspirin atau obat sakit kepala dengan air panas, kemudian rendam pakaian putih selama kurang lebih dua jam sebelum dicuci seperti biasa menggunakan deterjen.

Menggunakan cairan pencuci piring

Cairan pencuci piring diformulasikan khusus untuk menghilangkan lemak dan juga kotoran pada piring. Ternyata, formula tersebut juga bisa menjadi cara menghilangkan noda kuning pada baju putih, lho. Caranya sangat mudah, cukup gosok atau sikat bagian noda kuning dengan menggunakan sikat gigi dan sedikit cairan pencuci piring hingga bersih.

Jemur pakaian di bawah sinar matahari

Tips terakhir yang juga tidak kalah penting sebagai cara menghilangkan noda kuning di baju putih yang sudah lama adalah dengan menjemur pakaian di bawah sinar matahari. Setelah mencoba merendam pakaian dengan berbagai cara di atas, pastikan Moms menjemur pakaian di bawah sinar matahari ya untuk hasil yang maksimal. 

Hilangkan noda kuning pada pakaian dengan aseton

Aseton atau pembersih cat kuku dapat menghilangkan noda di baju putih. Larutkan cairan dengan air, perbandingan 1:2. Gunakan kain bersih untuk oles larutan aseton hingga noda kuning hilang.

Rendam dengan aspirin

Campurkan aspirin dengan air panas. Rendam baju semalaman. Baju bisa bersih kembali dan noda kuning di baju pun menghilang.

Gunakan deteterjen

Langkah lain untuk mengembalikan warna baju putih adalah dengan pemutih mengandung hidrogen peroksida. Campurkan bahan ini, rendam, dan kucek agar noda pudar.

Itu dia berbagai cara menghilangkan noda kuning di baju putih secara efektif. Selain men mencoba cara-cara di atas, Moms juga bisa menggunakan menggunakan pemutih pakaian yang lebih praktis, seperti SoKlin Pemutih.

Tersedia dalam 3 varian, regular, apple dan lemon, SoKlin Pemutih adalah produk perawatan pakaian yang berfungsi untuk mencuci kaos, kemeja, dan seragam menjadi lebih putih atau lebih cerah.

Share
Related articles