August 02, 2023

Cara Hilangkan Bau Badan di Pakaian dengan Sabun Cuci Baju Anti Bakteri

Masalah bau badan atau bau ketiak yang menempel di pakaian kerap jadi masalah yang meresahkan. Bukan cuma bagi orang yang bersangkutan, tapi juga orang lain yang kebetulan ada di dekatnya karena terganggu dengan aroma bau badan yang tak sedap.

Agar percaya diri tak terganggu dengan masalah ini, hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan badan dan baju agar terhindar dari bakteri atau kuman penyebab bau badan. Nah, Moms bisa simak cara hilangkan bau badan di pakaian dengan sabun cuci baju anti bakteri pada ulasan berikut ini.

Apa Penyebab Bau Badan Menempel di Baju?

Nah, sebelum tahu cara hilangkan bau badan di pakaian, Moms juga perlu tahu beberapa faktor yang memicu bau badan atau ketiak menempel di baju. Kondisi tersebut disebabkan oleh keringat yang mengandung asam laktat dan kemudian menempel pada serat pakaian dan menyebabkan bau badan tidak sedap.

Selain itu, beberapa pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik bisa membuat bakteri, kuman, dan virus berkembang di pakaian yang lembab, seperti di area ketiak dan menyebabkan bau badan. 
Bahan sintetis seperti polyester dan nylon tidak menyerap keringat dengan baik, sehingga keringat tetap menempel pada pakaian dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Tips Mencuci agar Baju Bebas Bau Badan

Untuk menjaga baju agar terbebas dari bau badan, Moms bisa mencoba beberapa cara, yakni bisa dengan bahan alami dan juga sabun cuci anti bakteri.

  • Pakai Bahan Alami untuk Hilangkan Bau Badan di Baju

Cuka adalah bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bau badan pada pakaian. Campurkan setengah cangkir cuka putih dengan air untuk merendam baju selama sekitar 30 menit. Selanjutnya, cuci dan bilas baju seperti biasa lalu keringkan. Tapi ingat Moms, jangan menggunakan cuka pada pakaian yang terbuat dari bahan sutra atau wol. Selain itu, gunakan cuka secukupnya, karena cuka juga bisa merusak mesin cuci jika digunakan secara berlebihan. 

Moms juga bisa gunakan air lemon untuk menghilangkan bau di baju. Aroma segar lemon dan zat asam sitrat pada lemon bisa menetralisir aroma keringat tak sedap di baju. 
Selain itu, Moms bisa pakai baking soda untuk membantu menghilangkan bau badan pada pakaian. Caranya, campurkan satu sendok makan baking soda dengan air saat mencuci dengan sabun cuci anti bakteri, kucek pelan, lalu bilas bersih dan keringkan pakaian.

Tidak cuma cuka, lemon, dan baking soda, Moms juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk bantu hilangkan aroma bau badan tak sedap yang melekat di baju kesayangan. Kandungan anti bakteri pada minyak kayu putih bisa bantu mengatasi masalah bau ketiak atau bau badan yang menempel di baju.

Untuk tips pemakaiannya adalah, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air dan sabun cuci baju anti bakteri, lalu cuci baju, bilas, dan keringkan baju seperti biasa.

  • Gunakan Air Hangat

Saat merendam pakaian dengan bahan alami di atas, Moms bisa gunakan air hangat agar proses pencucian baju yang terkena bau badan bisa lebih efektif karena air hangat bisa membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau. Namun sebelumnya, Moms perlu memperhatikan label perawatan di baju, karena ada beberapa bahan pakaian yang disarankan untuk tidak dicuci dengan air hangat atau panas, contohnya bahan wol dan sutra.

  • Pakai Sabun Cuci Baju Anti Bakteri

Selain bahan alami di atas, Moms perlu memilih detergen atau sabun cuci baju anti bakteri yang tepat untuk mengatasi bau badan yang melekat di baju.

Bagaimana cara memilih sabun cuci baju anti bakteri yang tepat? Pilihlah sabun cuci baju atau deterjen yang mengandung bahan aktif enzim atau oksigen untuk menghilangkan bau badan pada pakaian. Bahan aktif enzim bisa membantu menghilangkan noda, kuman dan bakteri, serta bahan aktif oksigen juga bisa membantu menghilangkan bau yang tidak sedap yang melekat di baju.

Salah satu rekomendasi sabun cuci baju anti bakteri yang bisa jadi pilihan Moms adalah SoKlin Antisep.  SoKlin Antisep merupakan deterjen pertama di Indonesia yang menggabungkan Deterjen + Protection (disinfektan). Dengan Formula O2 Active Power efektif bunuh virus, bakteri, kuman hinga 99,99% dan memberikan perlindungan Anti Bau hingga 48 jam.

Untuk tips penggunaan sabun cuci baju anti bakteri SoKlin Antisep, Moms bisa melihat petunjuk pemakaian pada label di kemasannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Moms gunakan untuk membersihkan pakaian dari bau badan, baik dengan bahan alami dan juga sabun cuci baju anti bakteri. Semoga dapat membantu Moms untuk merawat baju keluarga tercinta agar tetap bersih, wangi, bebas dari bau badan. 

Share
Related articles