August 02, 2023

Cara Menghilangkan Noda Luntur dengan Bahan Alami

Pakaian luntur memang sangat merusak penampilan, terutama jika pakaian yang terkena noda luntur tersebut merupakan pakaian kesayangan kita.

Jika pakaian Moms terkena noda luntur, jangan segera menyingkirkannya, ya! Ada beberapa cara menghilangkan noda luntur dengan bahan alami lho, terutama untuk pemilik kulit sensitif sebab berbagai bahan alami ini tidak menimbulkan reaksi pada kulit sensitif.

Penasaran dengan caranya? Yuk, info lengkapnya berikut ini!

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh tidak hanya bermanfaat untuk menjadi pelengkap masakan lho, tapi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda luntur secara alami. Belimbing wuluh ini terjangkau dan juga sangat mudah ditemukan di pasar dan juga swalayan.

Cara menghilangkan noda luntur dengan belimbing wuluh adalah dengan mengolesi air belimbing wuluh pada noda di pakaian tersebut, diamkan beberapa menit kemudian kucek atau sikat perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, cuci bersih pakaian seperti biasa. 

Baking soda

Salah satu alat membuat kue ini juga bisa menjadi cara menghilangkan noda luntur secara alami. Baking soda sangat mudah ditemukan, terutama jika Anda suka membuat kue.
Adapun cara menghilangkan noda luntur dengan baking soda yakni menyiapkan air di dalam wadah, menambahkan baking soda dan juga deterjen, aduk merata, kemudian rendamlah pakaian tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Cuka

Hampir setiap dapur memiliki cuka. Jika salah satu pakaian kesayangan Anda terkena noda luntur, tak ada salahnya mencoba cara mengembalikan warna pakaian yang kelunturan dengan air cuka. Caranya cukup mudah, teteskan atau oleskan air cuka ke atas noda luntur tersebut, kucek, kemudian rendam pada air yang sudah dicampurkan dengan deterjen. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Saat diaplikasikan, cuka memang memiliki aroma yang tidak menyenangkan, untuk itu penting untuk memilih deterjen dengan aroma yang menyegarkan, seperti SoKlin Softergent agar pakaian tetap wangi setelah dicuci. 

Vetsin

Punya vetsin di rumah? Moms bisa mencoba cara menghilangkan noda luntur yang ampuh ini. Caranya dengan menyiapkan wadah berisi air hangat yang sudah dicampurkan sedikit deterjen, lalu tambahkan sedikit vetsin dan aduk merata. Setelah itu, rendam selama kurang lebih 30 menit dan cuci seperti biasa menggunakan deterjen. 

Jeruk nipis

Umumnya, menghilangkan noda luntur pada pakaian putih lebih mudah dibandingkan menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna. Selain menggunakan pemutih, cara menghilangkan noda luntur pada pakaian putih juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis.

Untuk menghilangkan noda luntur di pakaian putih, teteskan air jeruk nipis ke bagian noda luntur, diamkan selama 30 menit, kemudian kucek secara perlahan. Biasanya, jeruk nipis ini akan memudarkan noda luntur di pakaian putih tersebut. Setelah noda sudah memudar, Moms bisa mencucinya seperti biasa dengan menggunakan deterjen.

Air soda

Air soda tidak hanya menyegarkan untuk dikonsumsi lho, Moms. Faktanya, air soda juga menjadi cara menghilangkan noda luntur yang ampuh untuk dicoba. Untuk tips menghilangkan noda luntur di baju laundry, Moms hanya perlu menyiapkan wadah berisikan air soda, kemudian rendam pakaian tersebut selama semalaman. Setelah itu, cucilah pakaian tersebut seperti biasa; boleh menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan.

Jadi, noda luntur pada pakaian masih bisa diselamatkan kok dengan menggunakan belimbing wuluh, baking soda, cuka, vetsin, jeruk nipis dan juga air soda. Dengan cara menghilangkan noda luntur di atas, Moms tidak perlu menyingkirkan atau membuang pakaian dengan noda luntur deh. Yuk, kembalikan warna pakaian yang terkena luntur agar bisa dipakai kembali!

Share
Related articles