September 01, 2023

Cara Merawat Baju Warna Tetap Cerah dengan SoKlin Smart Color

Moms pasti sering dibikin pusing saat mencuci pakaian yang terkena noda. Bagaimana tidak, baju berwarna cerah bisa tiba-tiba kena noda membandel yang sulit dibersihkan. Baju yang terkena lunturan baju lain saat dicuci juga menjadi problem tersendiri.

Lalu bagaimana cara merawat baju warna tetap cerah? Bagaimana SoKlin Smart Color menjadi cara ampuh saat mencuci pakaian warna agar tidak cepat pudar? Simak ulasan berikut ini.

Cara Merawat Pakaian Agar Warna Tidak Cepat Pudar

Baju yang terlalu sering dicuci warnanya akan lebih cepat pudar. Air, gesekan dari pengadukan, detergen, dan pengeringan berkontribusi menghilangkan warna cerah dari pakaian.

Namun karena mencuci dengan tangan tidak selalu praktis, Moms perlu mempelajari cara mencuci pakaian di mesin untuk meminimalkan pemudaran. Warna pudar, menyusut, atau luntur memang selalu menjadi risiko saat mencuci pakaian dengan mesin cuci. Namun bukan tak mungkin bagi Moms untuk menjaga agar pakaian tetap cerah selama mungkin. Berikut tipsnya.

1. Cek Label Pakaian

Label pakaian dapat menjadi panduan untuk menemukan suhu dan siklus pencucian yang tepat. Hal ini dapat membantu memperpanjang masa pakai dan tampilan pakaian Moms dan keluarga. Sebelum memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, luangkan waktu untuk memeriksa ulang label dan menyisihkan pakaian yang perlu dicuci dengan tangan atau hanya cuci kering.

2. Pisahkan Sesuai Warna

Saring cucian dan pisahkan pakaian berdasarkan jenis warna. Cuci pakaian dengan warna gelap bersama-sama, demikian halnya pakaian berwarna terang atau cerah. Hal ini penting untuk menjaga warna pakaian dan mencegah kelunturan.

3. Balik Pakaian

Mungkin Moms sudah pernah mendengar tips sejak zaman baheula ini. Namun membalik pakaian ternyata memang ampuh menjaga warna pakaian. Moms perlu memastikan bagian dalam baju menjadi di luar saat mencuci. Pasalnya, gesekan saat proses mencuci dapat menyebabkan warna pakaian lebih cepat pudar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Sudah Kering

4. Tambahkan Cuka

Memberikan cuka saat mencuci pakaian ternyata dapat membuat warna pakaian tetap terjaga. Moms tidak perlu khawatir dengan bau cuka karena hal itu akan hilang dengan sendirinya usai proses pencucian selesai. Menarik bukan?

5. Pakai Detergen Berkualitas

Ada beberapa detergen yang diformulasikan untuk pakaian berwarna, salah satunya SoKlin Smart Color. Jika mesin cuci Moms tidak memiliki dispenser otomatis, pastikan untuk menambahkan detergen ke tabung mesin cuci. Menambahkan pakaian terlebih dahulu dapat menyebabkan masalah bercak atau residu.

Saat mencuci, pilih siklus pencucian sesingkat mungkin berdasarkan label perawatan item, tingkat kekotoran, dan gunakan air dingin. 

6. Gunakan Air Dingin

Tips menjaga warna pakaian selanjutnya adalah mencuci memakai air dingin. Meski sederhana, hal ini dapat membantu menjaga warna pakaian tidak cepat pudar. Beberapa bahan pakaian memang disarankan dicuci dengan air hangat. Namun secara umum mencuci dengan air dingin adalah pilihan terbaik.

7. Perhatikan Cara Menjemur

Jemurlah pakaian dengan benar bila tak ingin warna pakaian mudah pudar. Semua tips di atas bakal kurang efektif jika Moms salah dalam menjemur baju. Pertama, jangan lama-lama menjemur pakaian. Lalu sebisa mungkin jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung.

Kalaupun harus di bawah sinar matahari, jangan terlalu lama dalam menjemur. Jangan lupa pakaian bagian dalam dibalik menjadi di luar. 

Mencuci dengan Soklin Smart Color

Itu dia cara merawat baju warna agar tetap cerah dan tidak mudah pudar. Moms dapat memilih SoKlin Smart Color Care 800 gr , detergen yang diutamakan untuk pakaian berwarna. Active Color Booster adalah kandungan SoKlin Smart Color yang membantu menjaga agar warna tetap cemerlang dan tidak mengalami kepudaran.

SoKlin Smart Detergent Powder Color Care dilengkapi dengan teknologi Active Color Booster yang dapat melindungi warna pakaian agar selalu cerah seperti baru. Selain itu, detergen ini juga mengandung anti-bacterial agent, yang dapat membunuh 99.99% bakteri sehingga cucian tidak apek. Kini tersedia SoKlin Smart Color yang lembut dan tidak panas di tangan.

Share
Related articles