August 02, 2023

Ini Dia Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat

Pakaian rapi menjadi salah satu kunci untuk menjaga penampilan. Untuk itu, salah satu cara untuk merawat dan membuat baju rapi adalah dengan proses menyetrika.

Tapi seringkali ada sebagian Moms yang mengeluh kesulitan saat menyetrika karena butuh waktu lama dan susah rapi. Bahkan ada juga muncul pertanyaan Moms seperti bagaimana cara menyetrika baju yang mudah kusut atau bagaimana cara menyetrika baju seragam sekolah? Nah untuk menjawab pertanyaan dan keluhan tersebut, berikut ini ada beberapa cara menyetrika baju yang benar dan cepat sehingga hasilnya rapi maksimal.

Persiapan Sebelum Menyetrika

Sebelum memulai menyetrika baju, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses menyetrika lebih mudah dan cepat. Pertama, pisahkan pakaian yang akan disetrika berdasarkan jenis bahan kainnya. Moms bisa mulai setrika pada baju yang membutuhkan suhu rendah dulu, lalu dilanjutkan dengan pakaian yang membutuhkan suhu tinggi.

Selain itu, pastikan untuk menyiapkan perlengkapan menyetrika, mulai dari alat setrika berkualitas, papan/meja setrika, air (jika memakai setrika khusus yang membutuhkan air), juga pelicin pakaian. 

Salah satu opsinya adalah SoKlin Rapika, produk pelicin pakaian yang memiliki fungsi 3-in-1, yaitu sebagai pelicin, pewangi dan pelembut pakaian. Kini hadir dengan teknologi fast smoothing action, yang dapat melicinkan pakaian secara instan, menghilangkan kusut hanya dalam 1 detik. Dengan SoKlin Rapika, menyetrika pun akan lebih cepat.  

Cek Jenis Bahan dan Gunakan Suhu Setrika yang Sesuai

Sebelum memulai menyetrika baju, penting untuk mengetahui jenis kain yang akan disetrika dan suhu setrika yang tepat untuk masing-masing jenis bahan. Beberapa jenis kain yang sering digunakan dalam pakaian sehari-hari antara lain bahan crinkle, polyester, dan kemeja.

Cara menyetrika baju bahan crinkle, sebaiknya gunakan suhu rendah hingga sedang agar tidak merusak tekstur kain. 

Sementara untuk cara menyetrika baju bahan polyester, Moms bisa atur suhu setrika pada temperatur sedang hingga tinggi untuk menghilangkan kerutan pada kain. Selanjutnya adalah cara menyetrika baju kemeja. Untuk jenis pakaian ini, Moms sebaiknya menggunakan suhu setrika pada temperatur tinggi agar kain cepat licin dan terlihat rapi.

Perhatikan Simbol Setrika di Label Baju

Sebelum menyetrika baju, Moms perlu cek simbol  setrika yang biasanya ada di label yang menempel di pakaian. Jika tertera simbol setrika, artinya Moms bisa menyetrika baju dengan suhu berapa pun. 

Simbol  setrika dengan satu titik berarti Moms disarankan menyetrika baju dengan suhu paling rendah, simbol setrika dengan dua titik adalah menyetrika baju dengan suhu sedang. 

Sedangkan saat Moms melihat simbol  setrika dengan tiga titik artinya baju perlu disetrika dengan suhu tinggi. Dan jika ada simbol setrika dengan tanda silang, artinya baju tidak boleh disetrika karena akan merusak bahannya. Sedangkan jika ada simbol  setrika dengan garis silang di bagian bawah, artinya Moms tidak boleh menyetrika baju dengan setrika uap. 

Gunakan Teknik Menyetrika yang Benar

Berikut teknik dasar menyetrika yang perlu Moms perhatikan agar baju cepat rapi: 

  • Basahi bagian kerut pada pakaian dengan air.
  • Letakkan pakaian di atas papan setrika dan ratakan dengan tangan.
  • Setrika bagian depan pakaian terlebih dahulu, kemudian bagian belakang.
  • Setrika bagian kerah dan manset terakhir.

Tips menyetrika bagian-bagian tertentu pada pakaian adalah dengan menggunakan setrika uap untuk bagian kerah dan manset agar lebih mudah dan rapi. Untuk baju yang berkerut atau sulit disetrika, sebaiknya gunakan setrika uap atau semprotkan air pada bagian kerut sebelum menyetrikanya.

Dengan mengetahui cara menyetrika baju yang benar dan cepat, Moms dapat menghemat waktu dan uang dalam merawat pakaian keluarga tercinta. Untuk membantu hasil setrika lebih cepat rapi dan wangi, Moms juga bisa gunakan SoKlin Rapika Biang. SoKlin Rapika Biang Luxury Collection, merupakan pelicin pakaian dengan fungsi 5 in 1 sebagai pelicin, pewangi, pelembut, penghilang kusut, dan anti bau. Dengan Perfume Booster memberikan keharuman perfume mewah yang tahan lama hingga 7 hari. 

Share
Related articles