April 04, 2023

Mudah! Ini Cara Menghilangkan Bekas Cat di Baju

Terkena bekas cat di baju bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari sedang merenovasi rumah dan catnya mengenai pakaian saat sedang mengecat rumah, atau anak-anak yang bermain cat warna dengan asyiknya hingga catnya mengenai pakaian.

Bagaimanapun, noda cat di pakaian tidaklah menyenangkan dan dapat merusak penampilan pakaian kita. Tapi, tidak perlu khawatir kok Moms karena ada banyak cara menghilangkan bekas cat di baju yang bisa menjadikan pakaian kembali bersih.

Apa saja? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Bersihkan noda sesegera mungkin

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas cat di baju adalah dengan membersihkan noda sesegera mungkin. Membersihkan noda cat sesegera mungkin dapat memudahkan kita untuk menghilangkan nodanya sebelum lebih meresap dan sulit dihilangkan.

Jika noda cat masih basah, usahakan untuk mengangkat noda dengan menggunakan kain untuk menyerap sisa cat basah tersebut. Dalam tahap ini, usahakan untuk melakukannya secara perlahan agar noda tersebut tidak melebar ke area lain.

Kenali bahan cat tersebut

Hal yang tidak kalah penting sebagai cara menghilangkan bekas cat di baju adalah dengan mengenali bahan cat yang mengenai pakaian itu terlebih dahulu. Berbagai bahan dasar cat membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda. Contohnya, cat berbahan dasar air cenderung lebih mudah dibersihkan, terutama saat nodanya masih baru dan basah. 

Air hangat untuk menghilangkan bekas cat berbahan dasar air

Untuk cat berbahan dasar air, biasanya nodanya lebih mudah dibersihkan dari pakaian. Cara menghilangkan bekas cat di baju ini, Moms hanya perlu menggunakan air hangat yang mengalir. Setelah itu, Moms bisa membersihkan pakaian tersebut dengan deterjen atau cairan khusus penghilang noda pakaian.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Cara menghilangkan bekas cat di baju dengan bensin

Sementara itu, untuk cat berbahan dasar minyak, biasanya cenderung lebih sulit dibersihkan. Salah satu cara menghilangkan bekas cat di baju dari cat yang berbahan dasar minyak adalah dengan menggunakan  bensin.

Moms bisa menggunakan kain atau spons untuk menggosokkan bensin ke bagian noda cat tersebut berulang kali hingga nodanya memudar dan bersih, kemudian rendam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen dan biarkan semalaman.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua pakaian juga bisa dibersihkan dengan menggunakan bensin, seperti nilon contohnya, karena bahan pakaian nilon ini bisa rusak jika terkena bahan bensin. Jadi, sebaiknya perhatikan juga label pakaiannya, ya Moms!

Alkohol sebagai cara menghilangkan bekas cat di baju

Selain deterjen, Moms juga bisa menggunakan alkohol sebagai cara menghilangkan bekas cat di baju lho. Kandungan alkohol ini bisa ditemukan dari berbagai produk, seperti hand sanitizer dengan kadar alkohol yang ringan.

Nah, saat memilih hand sanitizer untuk menghilangkan bekas cat di baju, pastikan Moms menggunakan hand sanitizer yang bening atau transparan atau tidak berwarna agar warnanya tidak menjadi noda baru di pakaian.

Aseton dan thinner sebagai cara menghilangkan bekas cat di baju

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas cat di baju adalah dengan menggunakan aseton dan juga thinner. Kedua hal ini sama-sama mengandung alkohol yang bisa menjadi cara menghilangkan bekas cat di baju. Namun, perhatikan juga label pakaiannya sebab tidak semua bahan pakaian bisa dibersihkan dengan aseton dan thinner.

SoKlin Liquid White and Bright menjadi salah satu produk SoKlin detergen yang sangat direkomendasikan. SoKlin Liquid White and Bright ini diperkaya dengan Optical Brightener yang membuat pakaian berwarna cerah tetap cerah, dan menjadikan pakaian putih tetap putih.

Selain cara-cara di atas,, Moms bisa menggunakan SoKlin Liquid White and Bright untuk menghilangkan bekas cat di baju berwarna putih. SoKlin Liquid White & Bright diperkaya dengan Formula Power Clean Action yang mampu membersihkan noda secara menyeluruh, baik saat mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci atau mencuci pakaian dengan manual. 

Selain itu, sama seperti SoKlin Liquid Antibac, SoKlin Liquid White and Bright juga diperkaya dengan Long Lasting Perfume yang menjaga pakaian tetap wangi seharian.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan bekas cat di baju. Pada dasarnya, cara menghilangkan cat tembok di baju saat masih basah lebih mudah. Namun, jika nodanya sudah terlanjur kering, masih banyak cara menghilangkan cat di baju yang sudah kering kok.

Share
Related articles