October 19, 2023

Tips agar Baju Si Kecil Harum dan Bebas Jamur dengan Rapika Sakura

Moms yang memiliki anak kecil tentu akrab dengan jumlah cucian yang menggunung. Apalagi jika anak masih berusia balita, pakaian bekas ompol, ketumpahan makanan atau minuman, hingga bekas permainan yang kotor tentu cukup banyak.

Sering kali pakaian kotor ini menumpuk dan tidak dapat langsung tercuci. Akibatnya, bakhan setelah dicuci baju si Kecil berjamur dan bau apek. 

Selain faktor di atas, jamur juga bisa muncul akibat kelembaban udara dalam lemari. Ketika jamur telah mengenai baju di lemari, jamur akan dengan cepat menyebar ke pakaian-pakaian lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut pada baju si Kecil, Moms bisa menggunakan rapika sakura saat setrika. Formulanya yang mengandung anti jamur dan wangi tahan lama dapat menjaga pakaian anak dari pertumbuhan jamur serta membuat pakaian selalu segar dan wangi khas musim semi Jepang saat disimpan di lemari.

Selain menggunakan rapika sakura strawberry, ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaga baju si Kecil tetap bersih, bebas jamur, dan harum lebih lama. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Pastikan Sirkulasi Udara Lemari Baik

Sirkulasi udara yang baik akan mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur di dalam lemari. Moms bisa memberikan celah atau ventilasi yang cukup agar udara dalam lemari bisa berganti dengan udara luar.

Jangan terlalu padat menata pakaian si Kecil, ada baiknya menggantungkan beberapa jenis pakaian seperti jaket, serta baju dan celana berbahan tebal. Gantungkan pakaian dengan celah kecil di antara masing-masing pakaian agar tidak lembab.

2. Sortir Pakaian Si Kecil

Bersihkan dan rapikan lemari pakaian si Kecil sesering mungkin. Moms bisa menyingkirkan pakaian yang sudah kekecilan, rusak, maupun berubah warna. Dengan menyortir pakaian yang sudah tidak terpakai, akan memberikan ruang kosong di lemari yang mengurangi kelembaban.

3. Gunakan Dehumidifier

Menggunakan dehumidifier di lemari juga bisa menyerap kelembaban dan menjaga pakaian bebas jamur. Menggunakan dehumidifier juga membantu menghilangkan bau apek, yang biasa ditemukan di tempat lembab.

Jika memang tidak memungkinkan, Moms bisa memasukkan kapur barus, bola ngengat, atau pewangi lemari. Jangan lupa untuk menggantinya secara teratur.

4. Jangan Menyimpan Pakaian Basah

Sebelum menyimpan pakaian di lemari, pastikan benar-benar kering dengan menggantungnya di bawah sinar matahari atau memakai pengering cucian. Pakaian basah akan membuat lemari lembab dan lebih rentan terkena serangan jamur. Pastikan hanya pakaian bersih dan kering yang disimpan dalam lemari.

5. Gunakan Rapika Sakura saat Menyetrika Pakaian Si Kecil

Saat menyetrika pakaian yang akan disimpan dalam lemari, Moms bisa memakai rapika pelicin pakaian. Produk dari SoKlin ini bisa membantu baju dan celana rapi lebih cepat dengan formulasi fast smoothing action yang menghilangkan kusut hanya dalam1 detik.

Rapika sakura memiliki fungsi 3 in 1 yang hadir sebagai pelicin, pewangi, dan pelembut pakaian. SoKlin Rapika Japanese Sakura Strawberry mengandung formula anti jamur, dan penyegar pakaian yang efektif mencegah timbulnya jamur serta bau apek pada pakaian, bila disimpan lama dalam lemari sehingga pakaian menjadi lebih higienis. Pelicin pakaian ini juga dibuat dengan teknologi long lasting perfume yang membuat wangi pakaian lebih tahan lama.

6. Beri Alas Rak dalam Lemari

Moms juga bisa menggunakan kertas, koran, atau bahan lain untuk alas rak lemari, dengan tujuan mencegah kelembapan di permukaan yang bisa mempengaruhi pertumbuhan jamur. Moms bisa mengganti kertas, koran, atau alas rak sesering mungkin, terlebih jika sudah sobek.

7. Singkirkan Pakaian yang Telah Berjamur

Jamur tumbuh dalam koloni, sehingga menyebar dengan cepat. Jika Moms menemukan pakaian berjamur, segera singkirkan dari lemari untuk mencegah penyebarannya.

Selain itu, simpan pakaian yang sudah pernah digunakan di tempat terpisah untuk menghentikan penyebaran bakteri karena jamur akan memakan bakteri dan kotoran.

Itulah tadi beberapa tips untuk menjaga baju si Kecil tetap harum dan bebas jamur yang bisa Moms lakukan di rumah. Jangan lupa gunakan rapika sakura ya Moms. Saat ini rapika pink sakura 400 ml hadir dalam kemasan pouch yang bisa Moms temukan di toko dan e-commerce. Semoga informasi ini membantu ya Moms.

Share
Related articles