September 01, 2023

Tips Mencuci Baju di Mesin Cuci agar Bersih, Ini Perbedaannya untuk Mesin 1 dan 2 Tabung

Apakah Moms butuh tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih? Tak bisa kita pungkiri mencuci baju terkadang menjadi pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga. Untungnya kemajuan teknologi telah membuat proses mencuci semakin mudah dengan adanya mesin cuci. 

Namun, mencuci baju menggunakan mesin terkadang memberikan hasil yang kurang memuaskan. Maka bukan hal yang mengherankan jika banyak orang yang masih menyerahkan urusan mencuci pakaian pada jasa laundry.

Tips Mencuci Baju di Mesin Cuci agar Bersih

Nah, Moms ingin memiliki hasil cucian yang bersih seperti laundry? Berikut tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih seperti laundry:

1. Sortir pakaian

Langkah mencuci baju di mesin cuci agar bersih yang tidak boleh dilewatkan adalah memilah pakaian yang akan dicuci lho Moms. Jenis kain yang berbeda memerlukan cara perawatan yang berbeda pula, jadi jangan mencampur semua pakaian Anda dalam satu kali pencucian.Sebaiknya, sortir pakaian berdasarkan warna dan jenis kain agar tidak mudah rusak. Moms juga sebaiknya membuka kancing kemeja, menutup resleting, memeriksa saku, dan mengikat tali sebelum memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci agar tidak mudah rusak.

2. Periksa label pakaian

Agar pakaian yang Moms cuci tidak rusak, sebaiknya periksa label pada pakaian untuk memastikannya. Beberapa jenis pakaian biasanya hanya bisa dicuci menggunakan tangan atau dry clean. Ada juga jenis pakaian yang tidak dahan air panas atau pemutih. Memeriksa label pakaian juga berguna untuk memastikan jenis kain pakaian tersebut sehingga Moms bisa menyetting cara kerja mesin dengan tepat.

Baca Juga: Kandungan SoKlin Biomatik Bubuk 8 Perlindungan dalam 1 Sentuhan 

3. Perhatikan Kapasitas Mesin Cuci

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas tersendiri. Jadi, ikuti aturan tersebut dengan baik agar pakaian bisa dibersihkan secara menyeluruh. Hindari memasukan pakaian terlalu banyak dalam satu kali proses mencuci untuk memberikan hasill optimal.

4. Bersihkan Mesin Cuci Secara Teratur

Jika mesin cuci kotor, tentu hasil pencucian tidak akan maksimal. Semakin sering mesin cuci digunakan, maka Moms harus sering membersihkannya. Cara membersihkan mesin cuci sangat mudah. Moms hanya perlu mengoperasikan mesin dalam kondisi kosong menggunakan air panas dan pembersih. Moms juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan penumpukan kotoran di dasar kompartemen mesin. Hal ini sering kali luut dikerjakan, padahal bisa menjadi tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih yang paling ampuh.

Panduan Menggunakan Mesin Cuci Satu Tabung dan Dua Tabung

Ada dua jenis mesin cuci yang beredar di pasaran, yakni mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 1 tabung dirancang untuk melakukan semua proses pencucian dan pengeringan dalam satu bak tanpa Moms perlu memindahkan cucian. Mesin cuci jenis ini bekerja sebagai satu kesatuan dan sehingga Moms tidak perlu memantau kerja mesin secara konstan saat beroperasi.

Sedangkan mesin cuci 2 tabung memiliki dua bak terpisah yang terletak bersebelahan – satu digunakan untuk mencuci dan yang lainnya untuk pengeringan. Mesin cuci dua tabung mengharuskan Moms memindahkan cucian secara manual dari satu bak ke bak lainnya untuk melanjutkan proses pencucian ke proses pengeringan.

Mesin cuci 2 tabung sangat cocok jika kapasitas air di lingkungan Moms terbatas. Moms bisa mengatur sendiri berapa banyak air yang digunakan dan mendaur ulang kembali air bekas cucian, misalnya digunakan untuk menyiram tanaman.

Namun dari semua jenis mesin cuci yang Moms gunakan, hal yang tak kalah penting untuk memberikan hasil pencucian yang optimal adalah pemilihan detergent yang tepat. Ya, Moms perlu memilih detergent cuci baju di mesin cuci agar bersih.

Pastikan detergent yang Moms pilih mengandung bahan aktif yang ampuh mengangkat kotoran. Nah, salah satu detergent yang efektif basmi noda dan kuman dari pakaian adalah So Klin Liquid

So Klin mengandung formula antibakteri yang ampuh bunuh noda pada pakaian. So Klin Liquid juga mengandung formula power clean action yang ampuh basmi noda secara menyeluruh dan menjaga warna pakaian tetap cemerlang. Cukup ½ tutup botol untuk sekali cuci, dijamin noda dan kuman di pakaian Anda akan hilang.

Informasi lengkap mengenai produk So Klin bisa Anda saksikan di Instagram @soklindetergent dan dapatkan berbagai produk So Klin di toko atau E-commerce kesayangan Anda.

Itulah tadi beberapa tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih yang bisa Anda coba di rumah. Semoga membantu ya!

Share
Related articles