June 27, 2023

Tips Menyetrika Pakaian Sutra dengan Rapika Ungu Lavender Splash

Kain sutra merupakan salah satu kain yang sangat anggun dan penuh gaya untuk digunakan berbagai acara formal. Selain itu, kain sutra memiliki bahan yang sangat halus dan ringan, sangat nyaman digunakan kapan saja.

Namun, ternyata merawat kain sutra tidak semudah itu. Pasalnya, salah sedikit maka bisa mempengaruhi kelembutannya. Untuk menjaga kain sutra tetap halus dan awet, berikut beberapa tips menyetrika pakaian sutra dengan Rapika ungu pelicin pakaian atau yang biasa disebut SoKlin Rapika Lavender Splash yang bisa dilakukan di rumah.

Setrika kain sutra segera setelah dicuci

Berbeda dengan kain yang lain, untuk menyetrika kain sutera justru disarankan setelah ia selesai dicuci (dalam keadaan lembab). Pasalnya, menyetrika kain sutera saat ia sudah kering justru bisa merusak bahannya. 

Pastikan kain sutera terhampar rata

Sebelum menyetrika pakaian sutera, pastikan pakaian tersebut sudah terhampar secara rapi tanpa kerutan. Pastikan bagian lengan dan bahunya serta bagian sisi badannya tidak mengkerut atau berlipat untuk memudahkan kita dalam menyetrika pakaian sutera.

Semakin besar ukuran pakaian sutera tersebut, semakin perlu perhatian pula untuk menyetrikanya. Berbeda hal dengan menyetrika kain sutera yang lebih mudah karena tidak memiliki lipatan dan cenderung berukuran lebih kecil

Hindari gesekan langsung ke kain sutera

Untuk menyetrika kain sutera, sangat disarankan untuk melapisi kain sutera dengan sebuah kain terlebih dahulu untuk menghindari banyaknya gesekan langsung ke kain sutera tersebut. Pastikan kain lapisan ini tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis ya.

Namun, jika Moms menyetrika pakaian berbahan sutera, Moms tidak perlu menggunakan kain lapisan. Moms bisa membalik pakaian sutera tersebut dan menyetrika bagian dalamnya untuk melindungi bagian luarnya. 

Baca Juga: Rapika Gold: Solusi Tepat untuk Pakaian Licin Tahan Lama

Atur suhu yang aman untuk kain sutra

Kain sutra memang sangat lembut dan juga memiliki bahan yang jatuh. Namun, untuk beberapa acara, terlebih lagi jika kain sutera dijadikan kemeja, kain tersebut butuh disetrika agar terlihat rapi.

Nah, untuk menyetrika kain sutra sangat disarankan untuk memperhatikan suhunya. Menyetrika kain sutra dengan suhu yang terlalu panas bisa mengakibatkan kainnya menjadi bolong atau membuat kain sutera berubah warna.

Jika sudah terlalu lama dan setrikaan terasa lebih panas, Moms bisa berhenti dan mematikan setrikaan terlebih dahulu sebelum melanjutkannya kembali. Tujuannya, untuk memastikan suhunya tidak terus meningkat dan berisiko merusak kain sutera.

Gantung kain sutra setelah digunakan

Setelah selesai menyetrika, Moms bisa menggantung kain sutera yang sudah rapi tersebut agar ia tetap rapi. Tidak hanya itu, setiap selesai digunakan, pastikan juga menyimpan kain sutera dengan cara digantung ya.

Nah, itu dia tips menyetrika pakaian sutera yang bisa dilakukan di rumah. Untuk memudahkan menyetrika pakaian sutera, Moms bisa menggunakan Rapika ungu pelicin pakaian yang wanginya tahan lama dan anti bau apek. Pasalnya, SoKlin Rapika Lavender Splash memiliki fungsi 3-in-1, yaitu sebagai pelicin, pewangi dan pelembut pakaian.

Kini hadir dengan teknologi fast smoothing action, yang dapat melicinkan pakaian secara instan, menghilangkan kusut hanya dalam 1 detik.

Selamat mencoba!
 

Share
Related articles