October 31, 2023

Tips Merawat Baju Bahan Sutra dengan SoKlin Liquid Merah

Sutra merupakan kain mewah dan bernilai tinggi, yang terkenal karena teksturnya yang lembut dan halus sehingga terasa nyaman di kulit. Selain itu, sutra juga tetap sejuk saat panas dan menahan panas saat dingin.

Sutra bersifat hypoallergenic dan lembut pada kulit. Kecil kemungkinannya menyebabkan iritasi atau reaksi alergi dibandingkan dengan kain sintetis. Meski teksturnya halus, sutra adalah kain yang kuat dan tahan lama jika dirawat dengan benar.

Salah perawatan, baju sutra Anda bisa rusak sehingga tak dapat digunakan kembali. Salah satu penyebab paling umum kerusakan pada baju sutra  adalah kesalahan penanganan saat mencucinya. 

Dalam mencuci sutra, Moms bisa menggunakan SoKlin Liquid Merah atau yang biasa disebut SoKlin Liquid Scarlet Blossom karena mudah meresap dan tidak meninggalkan residu pada serat kain. Selain jenis deterjen, yuk simak beberapa tips mencuci baju bahan sutra berikut ini.

Tips Praktis Mencuci Baju Bahan Sutra dengan SoKlin Liquid Merah

Cara terbaik untuk mencuci baju bahan sutra agar awet adalah dengan membaca label petunjuk yang tertera pada pakaian Anda. 

Selain membaca label petunjuk, ada beberapa aturan umum dalam mencuci baju bahan sutra yang harus Anda lakukan. Berikut aturan umum dalam mencuci baju bahan sutra:

1. Jangan pernah mencuci sutra dengan pemutih klorin karena dapat merusak serat alami.
2. Hindari menjemur sutra di bawah sinar matahari langsung. Paparan yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan atau memudar
3. Jangan pernah mengeringkan baju bahan sutra dengan mesin pengering karena panas pada mesin juga dapat menyebabkan serat kain patah dan menyusut.
4. Gunakan deterjen lembut yang dirancang khusus untuk mencuci sutra, seperti SoKlin Liquid Merah, atau yang biasa disebut SoKlin Liquid Scarlet Blossom
5. Uji ketahanan warna pakaian sutra Anda dengan cara membasahi kain pada jahitan bagian dalam. Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan noda tersebut dengan kain putih atau kapas. Jika warnanya hilang, pewarna akan luntur saat dicuci. Jika itu terjadi, sebaiknya Anda tidak mencampurnya dengan baju lainnya.

Cara Menyetrika Baju Bahan Sutra

Selain memperhatikan cara mencuci, Moms juga perlu berhati-hati saat menyetrika baju bahan sutra. Berikut tips menyetrika baju bahan sutra:

1. Pertama, periksa apakah pelat setrika sudah bersih. Perhatikan apakah ada noda kotoran dari penggunaan sebelumnya agar kotoran tersebut tidak berpindah ke pakaian Anda.
2. Nyalakan setrika pada pengaturan sutra atau pengaturan panas terendah. Moms juga bisa memilih opsi steam. Tunggu hingga memanas.
3. Setelah panas, gerakkan setrika di atas permukaan papan setrika untuk menghilangkan debu yang tertinggal. Pastikan juga uapnya keluar dengan benar. 

Saat menyetrika baju bahan sutra, mulailah dari bagian lengan kemeja, dengan menggunakan papan lengan kecil. Bagian lengannya bisa menggantung di sisi papan saat Anda menyetrika sisa kemeja. Jika Anda mengawalinya dengan menyetrika bagian badan kemeja, bagian yang sudah disetrika mungkin akan kusut saat Anda hendak menyetrika bagian lengannya.

Selanjutnya, setrika bagian badan baju. Gerakkan setrika di sekitar kain dengan gerakan terus menerus dan jangan biarkan di satu area terlalu lama. Lalu gunakan tekanan sesedikit mungkin agar kain tidak terbakar. Kemudian setrika bagian kerah di akhir dengan menggunakan papan khusus untuk mendapatkan hasil rata yang indah.

Cara Menyimpan Baju Bahan Sutra

Hal tak kalah penting untuk menjaga agar baju bahan sutra tahan lama adalah memperhatikan cara penyimpanannya.Berikut tips menyimpan baju bahan sutra agar awet:

1. Simpan di Tempat Gelap dan Kering

Sutra sangat sensitif terhadap cahaya. Karena itu, Moms sebaiknya selalu menyimpan baju bahan sutra di tempat yang gelap dan kering. Sinar matahari langsung akan menyebabkan sutra memudar dan berubah warna seiring waktu. 

2. Hindari Tempat Lembab

Moms juga tidak disarankan menyimpan sutra di tempat yang lembab. Kelembaban yang tinggi juga dapat merusak sutra dan menyebabkan tumbuhnya jamur atau jamur. 

3. Simpan di Tempat dengan Sirkulasi Bagus

Hindari menyimpan baju bahan sutra dalam wadah plastik dan kantong pakaian karena sutra memerlukan aliran udara untuk mencegah kerusakan. Untuk penyimpanan jangka panjang, tambahkan kertas tisu bebas asam di antara lipatannya untuk mencegah kusut.

Jika Moms ingin baju bahan sutra awet dan wangi tahan lama, Moms juga bisa menggunakan royale parfum series by SoKlin (SoKlin Liquid Scarlet Blossom). SoKlin royale parfum series adalah pelembut pakaian konsentrat yang mengandung parfum elegan berkelas dengan formula Royale Activ Touch yang mampu menebar wangi di setiap sentuhan. 

Harga royale parfume series (SoKlin Liquid Scarlet Blossom) pun terjangkau dan mudah didapatkan di toko terdekat atau e-commerce kesayangan Anda. Moms juga bisa intip berbagai produk lain dari SoKlin seperti SoKlin Liquid Merah melalui Instagram @soklindetergent, Facebook  SoKlin Detergent , atau Twitter @soklindetergent.

Share
Related articles