September 01, 2023

8 Cara Menghemat Air Saat Mencuci Baju di Mesin Cuci

Mencuci pakaian menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling berat. Namun tugas mencuci tumpukan baju kotor bisa lebih mudah karena adanya mesin cuci.

Tidak hanya lebih mudah, mencuci pakaian menggunakan mesin cuci juga dapat menghemat waktu, karena selama mesin cuci bekerja, kita bisa mengerjakan hal lain.

Tapi sadarkah Moms, mencuci menggunakan mesin cuci juga dapat menjadi semakin boros, lho! Salah satunya karena penggunaan air yang lebih banyak, sehingga tagihan air dan listrik justru melonjak.

Untuk itu, Moms perlu tahu cara menghemat air saat mencuci baju menggunakan mesin cuci. Yuk, simak beberapa tips berikut ini!


Tips Cara Menghemat Air saat Mencuci Baju di Mesin Cuci

1. Mencuci setelah banyak pakaian kotor

Mesin cuci memang dapat memudahkan kita saat hendak mencuci pakaian kotor. Tapi tidak berarti kita harus langsung mencuci setiap baju setelah dipakai. Tips pertama untuk bagaimana cara menghemat air saat mencuci baju dengan mesin cuci adalah menunggu hingga cucian penuh atau setelah banyak pakaian kotor.

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas masing-masing. Untuk mengurangi penggunaan air saat mencuci, Moms bisa mencuci setelah pakaian kotor menumpuk sesuai kapasitas mesin cuci. Hindari mencuci pakaian yang terlalu sedikit memakai mesin cuci karena akan menambah penggunaan air.

2. Pilih mesin cuci dengan bukaan depan

Langkah untuk menghemat air saat mencuci baju dengan mesin cuci selanjutnya adalah memilih tipe mesin cuci yang lebih hemat air. Pilihlah mesin cuci dengan tipe bukaan depan dibandingkan bukaan atas.

Mesin cuci bukaan depan (front load) dapat mencuci menggunakan air hingga 70% lebih sedikit dibandingkan mesin cuci bukaan atas (top load). Hal ini karena mesin cuci bukaan depan bekerja dengan putaran vertikal dan tidak perlu merendam seluruh pakaian saat mencuci.

3. Bersihkan noda di pakaian terlebih dulu

Tips menghemat air saat mencuci baju dengan mesin cuci berikutnya adalah membersihkan noda di pakaian terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke keranjang cucian. Sikat area yang terkena noda dengan sedikit sabun cuci terlebih dahulu. Setelah noda sedikit hilang atau sudah hilang, baru masukkan bersama pakaian kotor lain ke mesin cuci. Cara ini dapat memastikan noda terangkat sehingga Moms tidak perlu mencuci ulang pakaian karena noda yang tertinggal.

4. Gunakan deterjen khusus mesin cuci

Cara menghemat air saat mencuci baju di mesin cuci lainnya yakni dengan menggunakan deterjen yang khusus untuk mesin cuci. Berbeda dengan deterjen untuk mencuci menggunakan tangan, deterjen khusus mesin cuci biasanya memiliki busa lebih sedikit.

Busa lebih sedikit berarti pakaian tidak perlu dibilas berulang kali. Selain itu, lebih sedikit busa juga dapat membuat mesin cuci lebih awet.

Moms bisa memilih SoKlin Biomatic Liquid yang merupakan deterjen cair konsentrat dan aman untuk mesin cuci. Dapat digunakan untuk mesin cuci bukaan atas maupun depan. Sudah dilengkapi softener yang menjadikan pakaian lebih lembut.

SoKlin Biomatic Liquid tersedia dalam tiga wangi pilihan, yakni fresh scent, flowers bloom, dan nature scent.

5. Hindari penggunaan deterjen berlebih

Meski telah menggunakan deterjen khusus mesin cuci, tetap perhatikan penggunaan deterjen agar tidak berlebih. Sesuaikan dengan takaran atau banyaknya cucian. Terlalu banyak menggunakan deterjen berarti lebih banyak sisa busa dan perlu lebih banyak air untuk membilasnya.

Baca Juga: Selain Melembutkan Kain, Ini Keunggulan Lain SoKlin Softergent 

6. Cek mesin cuci secara berkala

Memeriksa kelayakan mesin cuci secara berkala dapat memastikan mesin cuci bekerja secara optimal, termasuk dalam penggunaan air. Periksa apakah ada kebocoran pada selang untuk menghindari air terbuang percuma.

7. Pilih mencuci dengan air dingin/normal

Beberapa mesin cuci memiliki fitur mencuci dengan air panas. Meski begitu, disarankan untuk mencuci menggunakan air dingin atau suhu normal untuk mengurangi waktu putaran mesin sehingga jumlah air yang digunakan juga lebih hemat.

8. Gunakan pakaian lebih dari sekali sebelum dicuci

Terkadang pakaian masih cukup bersih meski sudah dipakai satu kali. Terutama saat aktivitas kita tidak terlalu berat sehingga tubuh lebih jarang berkeringat. Tidak ada salahnya mengenakan ulang pakaian ini sebelum dicuci untuk mengurangi frekuensi mencuci sehingga akan menghemat penggunaan air untuk mencuci.

Itulah beberapa tips cara menghemat air saat mencuci baju di mesin cuci yang bisa Moms praktikkan. Untuk tahu lebih banyak tentang SoKlin Biomatic Liquid bisa Moms cari tahu di media sosial SoKlin Detergent . Dapatkan juga SoKlin Biomatic Liquid di berbagai e-commerce kesayangan, ya Moms!

Share
Related articles