May 29, 2023

Agar Bersih, Begini Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci

Saat ini ada banyak jenis mesin cuci yang ada di pasaran, mulai dari mesin cuci front loading sampai mesin cuci top loading.

Nah, untuk Moms yang baru membeli mesin cuci pertamanya, tentu saja Moms memiliki banyak pertanyaan seputar cara pemakaiannya untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan khawatir, yuk, simak cara mencuci baju di mesin cuci berikut ini!

Cara mencuci baju di mesin cuci front load

Mesin cuci bukaan depan (front load) adalah jenis mesin cuci yang seringkali ditemukan. Umumnya, penggunaan mesin cuci front load lebih sederhana dengan pilihan pengaturan yang juga tidak banyak.

Nah, cara mencuci baju di mesin cuci front load bisa dimulai dengan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, lalu tambahkan deterjen cair atau bubuk yang sudah diformulasikan untuk jenis mesin cuci front load.

Jika pintu mesin cuci sudah tertutup, nyalakan mesin cuci dan set siklus pencucian sesuai dengan kebutuhan. Mesin cuci jenis ini akan mengisi air dapat menentukan volume air yang digunakan secara otomatis

Biarkan mesin cuci menjalankan siklus pencucian, pembilasan, dan pengeringan secara otomatis. Jangan buka tutup mesin cuci jika semua siklus belum terselesaikan dengan baik.

Air yang digunakan mesin cuci front load tidak sebanyak mesin cuci bukaan atas (top loading). Sehingga, sangat disarankan untuk memastikan bahwa pintu mesin cuci bukaan depan sudah tertutup dengan rapat sebelum menjalankan siklus pencucian. Pasalnya, posisi pintu yang berada di depan ini dapat memungkinkan air merembes keluar jika pintu tidak tertutup rapat.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Cara mencuci baju di mesin cuci top load

Pada dasarnya, cara mencuci baju di mesin cuci top load atau front load relatif sama. Pertama, masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci, kemudian, tambahkan deterjen dan pelembut pakaian di tempat yang sudah disediakan.

Biasanya, pada mesin cuci satu tabung disediakan tempat deterjen dan pelembut pakaian. Setelah itu, atur siklus pencucian yang diinginkan. Dalam tahap ini, pastikan Moms sudah menutup pintu mesin cuci secara rapat atau terdengar bunyi “klik” agar ia bisa mulai bekerja.

Umumnya, pada mesin cuci satu tabung, ada banyak jenis siklus pencucian mulai dari quick wash, pencucian heavy wash, hingga pilihan pencucian untuk bahan pakaian lembut. Setiap jenis mesin cuci menawarkan siklus pencucian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk membaca buku panduannya.

Salah satu hal penting yang berpengaruh pada kebersihan pakaian terlebih saat mencuci dengan mesin cuci adalah deterjen yang tepat. Satu produk detergen sahabat terbaik mesin cuci yang bisa dipakai untuk mesin cuci adalah SoKlin Biomatic. 

SoKlin Biomatic merupakan detergen khusus mesin cuci yang aman digunakan baik untuk mesin cuci bukaan depan maupun bukaan atas aman untuk sensor mesin cuci. Dengan formula konsentrat, 50% lebih hemat, mencuci lebih banyak. Nano Clean Tech jadikan pakaian bersih hingga serat terdalam.

Nah, itu dia tips mencuci baju di mesin cuci agar bersih. Untuk tahap awal, mencuci baju di mesin cuci memang cukup membingungkan, terutama dengan banyaknya pilihan siklus pencucian. Namun, seiring berjalannya waktu, Moms pasti terbiasa dan nyaman dengan menggunakan mesin cuci kok. Selamat mencoba!

Share
Related articles