June 27, 2023

Cara Mencuci Baju di Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Melar

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari cara mencuci baju di mesin cuci adalah perawatan agar pakaian tidak mudah melar. Biasanya, bahan pakaian yang mudah melar adalah pakaian dengan bahan kaos, katun, linen, dan bahkan denim. Maka dari itu, yuk simak cara mencuci baju di mesin cuci agar pakaian tidak cepat melar berikut ini!

Memperhatikan panduan pada label pakaian

Setiap pakaian terbuat dari bahan yang berbeda-beda, baik itu katun, polyester, dan berbagai bahan lainnya. Nah, setiap bahan pakaian tersebut sebenarnya memiliki panduan cara mencucinya masing-masing.

Cara mencuci baju di mesin cuci agar baju tidak cepat melar adalah dengan mengikuti petunjuk tersebut, karena biasanya, tidak membaca panduan pada label pakaian menjadi kesalahan cara mencuci baju di mesin cuci yang seringkali ditemukan.

Hindari mencuci terlalu banyak dalam satu sesi

Kapasitas mesin cuci berbeda-beda, ada yang 6 kg, 8 kg, sampai 15 kg. Nah, sebagai cara mencuci baju di mesin cuci, usahakan untuk memperhatikan kapasitas mesin cuci tersebut dan hindari mencuci pakaian terlalu banyak dalam satu sisi.

Hal ini menyebabkan pakaian menjadi kusut dan tersangkut satu sama lain dan menjadikan mesin cuci sulit berputar dan justru menjadikan pakaian tertarik lebih kuat. Mencuci pakaian terlalu banyak melebihi kapasitas mesin cuci inilah yang menjadi salah satu kesalahan cara mencuci baju di mesin cuci dan hal ini perlu dihindari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Hindari menggunakan pengering pakaian terlalu lama

Menggunakan pengering pakaian merupakan cara yang paling efektif dan praktis untuk mengeringkan pakaian, terutama saat musim hujan atau saat udara sedang lembap. Namun, menggunakan pengering pakaian terlalu lama dan juga terlalu sering justru bisa menyebabkan pakaian lebih mudah melar.

Makanya, jika udara sedang terik dan Moms bisa mendapatkan panas matahari yang maksimal, usahakan menjemur pakaian dibandingkan menggunakan pengering pakaian.
Sebagai rekomendasi, Moms bisa coba menggunakan SoKlin Biomatic yang mampu membersihkan pakaian dan juga menjaganya tetap wangi sepanjang hari. SoKlin Biomatic mengandung NANO clean technology, yaitu pembersih berukuran nano yang mampu membersihkan pakaian hingga serat terdalam. Selain itu, SoKlin Biomatic juga mengandung formula anti bakterial hilangkan bakteri dan kuman pakaian.

Jadi, untuk menjaga pakaian tidak cepat melar adalah dengan memperhatikan panduan label pada pakaian, mencuci pakaian sesuai kapasitas mesin cuci, mencuci pakaian dengan air dingin, hindari menggunakan pengering pakaian terlalu lama. Yuk, mulai rawat pakaian agar tahan lama dan tidak cepat melar!

Share
Related articles