May 29, 2023

Simak Cara Menyetrika Agar Wangi Tahan Lama Berikut Ini

Siapa yang lebih suka mencuci pakaian di laundry daripada di rumah karena wanginya? Pernah penasaran nggak sih gimana cara agar baju tetap wangi tahan lama?

Ternyata, mencuci dan menyetrika pakaian di rumah bisa sewangi laundry lho, Moms! Yuk, simak cara menyetrika agar wangi tahan lama seperti laundry yang bisa kita terapkan di rumah!

Berikan alas pada papan setrika

Sebelum memulai menyetrika baju, penting untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Selain mesin setrika dan papannya, pastikan papan setrika sudah diberi alas yang bersih, seperti sarung, kain panjang, atau sprei yang sudah tidak digunakan. Akan lebih baik juga untuk mencuci hingga wangi dan mengganti alas ini secara berkala agar pakaian kita tetap bersih dan wangi. 

Setrika dengan suhu sesuai dengan jenis kain atau pakaian

Saat mulai menyetrika, mulailah dengan suhu yang rendah. Aturlah suhu sejak sebelum memulai menyetrika agar baju tidak kusut, berkerut, menyusut, atau bahkan gosong terbakar karena beberapa jenis pakaian sensitif dengan panas setrikaan. Menyetrika dengan suhu yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan aroma gosong atau aroma panas yang menempel pada pakaian.

Gunakan pelicin dan pelembut pakaian

Nah, cara menyetrika agar wangi seperti laundry kuncinya di pelicin dan pelembut pakaian nih. Moms bisa menyemprotkan pelicin dan pelembut pakaian secara merata ke seluruh bagian pakaian sebelum disetrika. Kemudian, setrikalah perlahan.

Pelicin dan pelembut pakaian ini tidak hanya memudahkan dalam proses menyetrika saja, tapi juga menjadikan baju tetap wangi seperti dari laundry. Untuk rekomendasi pelicin dan pelembut pakaian, ada banyak pilihan varian SoKlin Rapika dengan berbagai aroma yang sesuai dengan kesukaan Moms.

Salah satu varian yang bisa dijadikan pilihan adalah Rapika Biang Luxurious Gold dengan fungsi 5 in 1, sebagai pelicin, pelembut, pewangi, penghilang kusut dan juga anti kuman. Menggunakan pelicin pakaian saat menyetrika juga dapat membuat pakaian lebih wangi tahan lama dan membuat kita lebih nyaman beraktivitas seharian.

Baca Juga: Apa yang Menjadikan SoKlin Liquid Detergen Liquid Istimewa?

Menyetrika secara urut dan searah

Untuk membuat pakaian lebih cepat rapi, usahakan untuk menyetrika pakaian secara urut dan terarah. Mulai setrika pakaian dari bagian kerah, bahu, lengan, kemudian bagian badan. Begitu juga dengan celana, setrikalah dari bagian pinggang ke bawah.

Pastikan untuk melihat sisi depan dan belakang pakaian, jika masih ada bagian yang kusut, setrikalah secara perlahan. Hindari menyetrika dengan gerakan zig-zag dan memutar yang bisa membuat pakaian menjadi melar.

Jika perlu, Moms bisa menambahkan pelicin lagi selama proses menyetrika untuk mendapatkan hasil yang lebih licin dan tentunya wangi seperti laundry.

Simpan pakaian yang sudah disetrika di dalam lemari

Setelah selesai disetrika, segera simpan pakaian yang sudah bersih, rapi dan wangi di tempat yang tepat. Moms bisa menyimpan kemeja dan celana kerja dengan cara digantung di lemari, sedangkan menyimpan kaos dan pakaian rumah dengan cara dilipat di lemari. 

Nah, itu dia cara menyetrika agar wangi seperti laundry. Menyetrika di rumah cukup mudah ‘kan? Dengan mengikuti tips berikut, kita sudah paham deh cara agar baju tetap wangi seperti laundry.

Share
Related articles